Selasa, 29 Maret 2011

Pengaruh pemakaian cacahan ban karet bekas terhadap stabilitas campuran aspal

Jalan raya adalah salah satu sarana yang digunakan untuk mendukung adanya transportasi darat. Oleh karena itu, perkerasan lentur jalan raya harus benar-benar diperhatikan dan dipertimbangkan daya dan upayanya untuk meningkatkan sifat fisik aspal. Stabilitas adalah kemampuan campuran aspal untuk menahan terhadap deformasi yang disebabkan oleh beban kendaraan yang berulang. Campuran aspal yang tidak stabil akan menyebabkan timbulnya pengaluran roda (rutting) dan retak (cracking). Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan cacahan ban karet bekas terhadap stabilitas campuran aspal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian cacahan ban karet bekas terhadap stabilitas campuran aspal dan mengetahui persentase kandungan cacahan ban karet bekas yang diperlukan sehingga didapatkan nilai stabilitas maksimum campuran aspal. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Perkerasan Jalan Universitas Negeri Malang, dengan mengambil sampel agregat dari daerah Klaseman kabupaten Malang, aspal keras penetrasi 60/70, dan cacahan ban karet bekas merk Aspira ukuran 2,50 inch. Benda uji tanpa cacahan ban karet bekas masing-masing dibuat 3 buah dengan kadar aspal 4,5%, 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%. Benda uji dengan tambahan cacahan ban karet bekas masing-masing dibuat 3 buah dengan kadar cacahan ban karet bekas 1,5%, 3%, 4,5%, 6%, 7,5%, dan 9% dari berat aspal optimum. 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penambahan cacahan ban karet bekas pada campuran aspal berpengaruh terhadap nilai stabilitas campuran aspal, yaitu penambahan cacahan ban karet bekas dapat meningkatkan nilai stabilitas campuran aspal. Nilai stabilitas campuran aspal akan naik sampai mencapai batas maksimum, yaitu pada kadar cacahan ban karet bekas 3,75% dengan nilai stabilitas sebesar 1187 kg. Kemudian semakin banyak kadar cacahan ban karet bekas yang ditambahkan, nilai stabilitas campuran aspal cenderung menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar