Selasa, 29 Maret 2011

Tembok China

Great Wall biasa disebut dengan Tembok Raksasa Tiongkok atau Tembok Besar Tiongkok atau Tembok Raksasa. Great Wall merupakan bangunan/tembok terpanjang didunia yang pernah dibuat manusia. Adapun konstruksi Great Wall terdiri dari panjang 6.400 Km yang terletak dari kawasan Sanhai Pass dibagian Timur sampai ke Lop Nur di bagian Barat. Tingginya mencapai 8 meter, lebar bagian atas 5 meter dan bagian bawah 8 meter. Setiap 180-270 meter dibuat semacam menara pengintai yang tingginya antara 11-12 meter.
Tujuan utama dibuatnya Great Wall ini adalah untuk mencegah serbuan bangsa Mongolia dari sebelah utara pada waktu itu. Pembuatan tembok ini memakan waktu sekitar 2000 thn dizaman sebelum Dinasti kemudian dilanjutkan oleh berbagai Dinasti. Menurut penelitian dan catatan sejarah, Great Wall ini dibangun pada zaman Negara-negara Berperang yaitu zaman sebelum adanya Dinasti di Cina. Kemudian pembangunan ini dilanjutkan oleh Dinasti pertama Cina yaitu Dinasti Qin. Kaisar Qin meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok ini. Pembangunan Tembok ini dikerjakan oleh berbagai macam orang mulai dari petani, buruh, akademisi serta siapa saja yang menentang ditangkap dan dipekerjakan secara paksa pada proyek ini. Sepeninggalnya Kaisar Qin, pembangunan tembok terhenti. Dalam perkembangan selanjutnya, Great Wall ini diteruskan oleh Dinasti Sui dan terakhir dilanjutkan dan dipugar oleh Dinasti Ming. Pembangunan tembok ini dari Dinasti ke Dinasti, merupakan upaya kolektif yang telah dikerjakan oleh jutaan orang selama berabad-abad.
Awalnya dibangun dari rumput, batu, kayu dan tanah. Pada saat Dinasti Ming baru menggunakan batu bata. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu2an. Bagian atasnya dibuat dari jalan utama untuk pasukan berkuda Cina. Ada lebih 10.000 menara pengawas dan mercu suar berdiri di tembok ini. Menara2 ini digunakan sebagai tempat tinggal tentara, tempat penyimpanan senjata dan tempat pengiriman sinyal bila terlihat musuh. Sinyal dalam bentuk asap digunakan pada siang hari dan sinyal api digunakan pada malam hari. Sinyal asap dan api ini digunakan sebagai cara berkomunikasi antar pasukan yang menjaga sepanjang tembok tsb.
Dalam satu abad terakhir, telah terjadi berbagai kerusakan dan keruntuhan tembok disebabkan karena alasan lingkungan serta kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang tidak terkendali. Melihat kenyataan yang mengkhawatirkan tsb, maka Pemerintah Cina telah mengambil langkah2 pencegahan dalam bentuk menerbitkan berbagai aturan yang intinya melindungi Tembok Besar dari kerusakan, upaya2 melestarikan Tembok Besar, melestarikan lingkungan sekitar tembok dengan menanam pohon, menjaga kawasan lindung dan mencegah erosi, dilarang membuang sampah disekitar Tembok agar Tembok tetap menarik tampaknya. Disisi lain ada upaya dan seruan untuk mengumpul Dana bagi pemeliharaan tembok tsb. Renovasi terbaru atas Great Wall ini dilaksanakan pada thn 1982-1986 oleh Pemerintah RRC.
Saat ini Tembok raksasa menjadi obyek wisata dunia dimana setiap hari ribuan orang mengunjunginya. Dunia mengakui bahwa Great Wall ini adalah suatu keajaiban arsitektur dan warisan budaya kuno Cina yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat gemilang. Great Wall ini dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia, dan pada tahun 1987 oleh UNESCO, bangunan ini dimasukan dalam Daftar SITUS WARISAN DUNIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar