Selasa, 29 Maret 2011

Summer Palace

Summer Palace atau Yihe Yuan, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai ISTANA MUSIM PANAS, Istana ini terletak di Distrik Haidian, 15 km dari pusat kota Beiking dan menjadi tempat tinggal para Kaisar Dinasti Qing. Summer Palace ini dikatakan sebagai taman Kekaisaran yang diawetkan dan terbaik didunia serta yang terbesar dari jenisnya dalam keberadaannya di Cina modern. Dalam sejarah Kekaisaran, keluarga Kaisar memilih tempat ini sebagai tempat tinggal permanent dengan terus memamerkan gaya hidup Kekaisaran yang penuh kewewahan dan pemborosan. Summer Palace pertama kali dibangun pada zaman Dinasti Jin(1115-1234). Kemudian diteruskan dan diperluas sampai pada Dinasti Qing(1644-1911). Taman ini semula bernama QINGYI (GARDEN OF CLEAR RIPPLES). Taman ini menjadi taman taman kerajaan yang mewah sebagai tempat istirahat dan pesta bagi keluarga kerajaan.
Pada tahun 1860, sebagian Istana ini hancur akibat serangan pasukan Inggris dan Perancis dalam Perang Opium Kedua. Serangan ini dianggap sebagai Simbol agresi asing dan penghinaan terhadap Cina. Setelah kerusakan tersebut, Istana ini dibangun dan di-renovasi besar-besaran oleh Ibu suri Cixi pada thn 1881 yang berkuasa antara thn 1861-1908 setelah suaminya Kaisar Xianfeng meninggal. Setelah renovasi, Ibu suri Cixi tinggal di Istana tsb.
Summer Palace terdiri dari beberapa area yaitu Court Area, Front Hall Area, Front Lake Area, Rear Hall dan Back Lake Area, dimana tiap area terdapat berbagai bangunan dan fasilitas seperti Kuil, Aula, Pavilion, Menara, taman, dan lain lain. Summer Palace meliputi area seluas kira2 300ha dan mencakup lebih dari 3000 bangunan seperti Kuil, Aula, Pavilion. Menara dan taman, bangunan bangunan mana dirancang secara jenius oleh para arsitek kuno Cina. Seluruh bangunan menyatu secara serasi yang merefleksikan hubungan yang harmonis antara manusia dan alam sekitarnya. Tiga perempat dari Summer Palace adalah air diantaranya danau Kuhming. Danau ini merupakan buatan manusia. Bangunan dan taman tertata dengan indah ditepi danau sehingga menenagkan dan menyenangkan mata bila dipandang.
Musim panas adalah kesempatan yang terbaik untuk mengunjungi Summer Palace, karena pada musim dingin danau tersebut beku dan tidak dapat berekreasi seperti berlayar, dll. Pada tahun 1998, Summer Palace ditetapkan oleh UNESCO sebagai SITUS WARISAN DUNIA. Summer Palace juga merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik dari wisatawan berbagai benua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar