Selasa, 29 Maret 2011

Manfaat kol


Dilihat dari bentuknya sayuran ini tampak cantik sekali dan biasanya tumbuh didaerah yang berhawa sejuk. Sayuran yang tampak sederhana ini ternyata memiliki harga yang tidak ternilai bagi kesehatan. Kol atau ada yang menyebutnya dengan kubis terlahir dari keluarga yang banyak sekali jenisnya, diantaranya yang dikenal adalah sawi hijau, sawi putih, kembang kol, kailan, kolrabi, salad air dan brokoli.
Semua keluarga kol mengandung senyawa anti kanker dan merupakan sumber vitamin C, vitamin A,vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur. Kandungan serat kasar pada kol sangat tinggi sehingga dapat memperkecil resiko penyakit kanker lambung dan usus.
Dicuplik dari hasil penelitian di Amerika membuktikan bahwa kol yang dikonsumsi dalam keadaan mentah atau yang telah dimasak dapat mengurangi terjadinya kanker usus besar sebanyak 66 %. Manfaat lain dari kol adalah dapat mencegah dan menyembuhkan luka lambung, menstimulasi kekebalan, menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta dapat mencegah infeksi.
Nah perlu diingat, dalam mengkonsumsi jenis makanan apapun sebaiknya memang jangan dalam jumlah yang berlebih, begitu juga dengan kol. Kandungan goitrinsnya dapat menganggu keseimbangan iodium dalam darah, ini dapat terjadi pada orang – orang tertentu yang menderita mag, gastritis dan perut kembung. Mengkonsumsi kol yang berlebih akan menyebabkan terbentuknya gas dalam lambung. Tetapi jika asupan iodium dari makanan lain seimbang, mengkonsumsi kol tidak perlu lagi dirisaukan.
Sumber : http://www.lautanindonesia.com/serbarasa/artikel/in-topic/tentang-kol-dan-manfaatnya

1 komentar:

  1. Wah ternyata kembang kol bisa mengatasi perut kembung. makasih infonya.

    BalasHapus